Saat berbicara tentang Gennerator, hal pertama yang muncul di benak Anda adalah mesin untuk menghidupkan listrik saat listrik mati/padam.

Oleh karena itu, instalasi sebuah Generator Set adalah tahapan cukup penting, yang perlu diperhatikan dari tahap paling awal perencanaan. Proses perencanaan (desain) hingga tahap pelaksanaan harus dengan benar-benar memperhatikan aspek teknis, safety dan user friendly untuk menghindari kegagalan operasional generator ketika saat yang paling dibutuhkan (emergency).

5 (Lima) Poin Penting Untuk Instalasi Genset:

1. Akses/jalur ke posisi generator set. Berikan kemudahan untuk mengakses unit generator anda, jika dalam keadaan darurat, tidak boleh ada hambatan akses sampai ke generator set. Jangan menaruh barang di sekitar, atau di atas, atau di belakang generator yang dapat menghambat dalam pengoperasiannya.

2.Leveling posisi Genset, agar aman dari banjir dan hewan berdarah dingin lainnya.

3. Sirkulasi udara (untuk pemasangan di dalam ruangan). Setiap generator set menggunakan mesin reciprocating sebagai penggerak utama mereka dan itu membutuhkan udara segar untuk pembakaran internal dan sistem pendinginan mesin, juga memisahkan udara panas untuk knalpot pembakaran pada saat yang sama.

4. Posisi tangki bahan bakar. Penggunaan generator set bisa setiap saat atau kapan pun, oleh karena itu posisi tangki bahan bakar direncanakan dengan akses pengisian bahan bakar yang mudah.

5. Posisi panel listrik dan pengaturan kabel listrik. Fungsi utama panel listrik adalah untuk mengatur dan proteksi antara sumber listrik tenaga utama dan sumber listrik generator. Ini harus mudah diakses dan juga memberi label yagn jelas (mudah dibaca).