5 Kriteria Lift Rumah yang Cocok untuk Klinik

kriteria-lift-rumah-klinik-Aritco

Lift rumah mendukung mobilitas orang di banyak bangunan. Banyak digunakan di fasilitas kesehatan, ini dia 5 kriteria lift untuk klinik.

Seiring berkembangnya teknik konstruksi dan kebutuhan masyarakat akan mobilitas yang cepat, kini banyak bangunan yang dilengkapi dengan lift. Bahkan instalasi lift rumah juga sudah banyak ditemukan terutama di bangunan modern. Salah satu bangunan modern yang menggunakan home lift adalah klinik dan beberapa fasilitas kesehatan lainnya.

Baca Juga: Aritco, Lift Berteknologi & Desain Scandinavia untuk Properti

Lift yang didesain untuk klinik memang memiliki beberapa perbedaan dengan lift biasa. Namun, perbedaan tersebut tidak menghilangkan fungsi utama lift yaitu berpindah antarlantai dengan mudah dan cepat. Lalu, apa saja kriteria yang harus dipenuhi lift rumah untuk penggunaan di klinik? Kami akan menyajikan pembahasan lengkapnya untuk Anda!

Kriteria Lift Rumah untuk Klinik

Aturan seputar lift ini merupakan salah satu bahasan dalam undang-undang yang dikeluarkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dalam Undang-undang Nomor 14 tersebut, dijelaskan secara lengkap mengenai pengertian, fungsi, dan berbagai tahap pengadaan lift. Dijelaskan juga bahwa pengadaan lift juga dapat dilakukan di fasilitas kesehatan, seperti klinik, dengan tujuan untuk memudahkan para penyandang disabilitas dan orang-orang lanjut usia untuk berpindah lantai. 

Jika Anda berniat memasang instalasi lift di klinik Anda, setidaknya lift rumah tersebut memiliki 5 kriteria berikut ini.

1. Ukuran yang Lebih Luas

Lift yang berada di klinik terkadang diperuntukkan membawa pasien beserta bed yang ditempatinya. Sehingga ukurannya juga harus disesuaikan dengan bed yang terdapat dalam lift tersebut. Biasanya ukuran lift rumah yang digunakan adalah 1,5 x 2,3 meter. Selain bed pasien, ruang lift yang tersedia juga seharusnya muat untuk tenaga kesehatan yang menyertai pasien tersebut. 

2. Standar Keamanan yang Tinggi

Keamanan dalam lift harus maksimal. Jika tidak, dikhawatirkan hal tersebut akan memperburuk kondisi pasien. Setidaknya harus ada alarm darurat yang dapat digunakan oleh orang-orang yang masih berada di dalam lift jika sewaktu-waktu lift tersebut mengalami masalah. Tombol akses dalam lift juga sebaiknya diatur sedemikian rupa sehingga mudah digunakan oleh siapa saja. Kecepatan lift untuk berpindah antar lantai juga sebaiknya diatur supaya tidak mengganggu keseimbangan orang yang berada di dalam lift. 

3. Desain yang Elegan dan Penerangan Cukup

Pilihlah lampu yang memiliki intensitas cahaya yang cukup, jangan terlalu terang ataupun terlalu redup. Jika terlalu terang, lampu akan membuat pengunjung ataupun pasien merasa silau dan terganggu penglihatannya. Sementara jika terlalu redup, lampu akan menimbulkan kesan suram yang tidak menarik. Pemeliharaan yang memadai juga perlu dilakukan untuk memastikan intensitas cahaya dalam lift.

Adapun desain yang estetik akan membuat pengunjung klinik terkesan. Walaupun memang semua orang tidak ingin sakit dan berkunjung ke klinik, desain lift yang digunakan akan menampilkan kesan terbaik dari klinik. Dengan begitu, lift rumah pada klinik akan mencerminkan layanan kesehatan prima yang terbaik. 

4. Perawatan yang Mudah

Oleh karena fungsinya yang sangat vital, keberadaan lift di dalam klinik harus mendapatkan perhatian penuh dan perawatan secara berkala. Sebisa mungkin material yang terdapat di dalam lift terdiri dari bahan-bahan yang mudah dibersihkan. 

Apalagi di kondisi pandemi yang menuntut berbagai fasilitas kesehatan untuk melakukan proses desinfeksi dan sanitasi secara berkala. Hal ini dilakukan untuk menjaga lift tetap steril dan meminimalisir penyebaran virus di dalam lift.

5. Hemat Energi

Semakin seringnya lift beroperasi, maka biaya yang harus dikeluarkan setiap bulan juga semakin besar. Sedangkan lift harus senantiasa siaga terutama dalam situasi tertentu. Daripada membatasi penggunaan lift secara berlebihan, maka sebaiknya pilih jenis lift rumah untuk klinik Anda dengan tipe konsumsi energi yang minim. Tipe ini biasanya dilengkapi dengan inverter untuk memaksimalkan fungsi low energy tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai 5 kriteria yang harus dipenuhi oleh home lift untuk dipasang di klinik. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

Baca Juga: Trend 2021 : Smart Control & Smart Safety pada Home Lift Aritco

Jika Anda tertarik untuk memasang lift rumah dengan desain elegan khas Scandinavian, segera kunjungi website atau hubungi WhatsApp kami untuk mendapatkan informasi seputar inspirasi lift platform maupun lift hunian. Lift Aritco hemat daya, ramah lingkungan, dan pemasangannya cepat.

Menu